Silang Sengkarut Klaim Dukungan Calon Ketua DPD Demokrat Jatim, Beberapa Ketua DPC Bereaksi

Senin, 17 Januari 2022 – 22:44 WIB
Silang Sengkarut Klaim Dukungan Calon Ketua DPD Demokrat Jatim, Beberapa Ketua DPC Bereaksi - JPNN.com Jatim
Calon Ketua DPD Demokrat Jatim Bayu Airlangga yang diklaim mendapat 30 dukungan dari DPC. Foto: Dok. Yakup untuk JPNN

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Klaim dukungan terhadap calon Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur mulai bermunculan. Sebelumnya muncul 12 DPC yang mendukung Emil Elestianto Dardak.

Kali ini, Ketua Partai Demokrat Kediri, Yakup mengatakan ada 30 DPC mendukung kandidat lain, yakni Bayu Airlangga. Surat dukungan sudah diserahkan secara resmi ke DPP Demokrat melalui BPOKK.

Sebanyak dua DPC juga sudah menandatangani dukungan bermeterai dan berstempel yang segera diserahkan ke DPP. Dengan begitu, total ada 32 DPC yang memberi dukungan kepada menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo tersebut.

“Tidak masuk akal adanya 12 dukungan tersebut mengingat di Jatim hanya ada 38 DPC. Seharusnya hanya tersisa enam yang tidak mendukung Bayu,” jelas Yakup tertulis, Senin (17/1).

Oleh karena itu, Yakup mengajak untuk berdemokrasi secara santun dengan memberikan informasi yang benar, termasuk dukungan terhadap calon Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.

Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya, Lucy Kurniasari pun mempersoalkan adanya 12 dukungan terhadap Emil Dardak. Menurutnya, kalau itu benar, maka ada dukungan ganda.

“Hal itu jelas tidak diperkenankan karena dalam peraturan organisasi (PO) diatur dukungan ganda suaranya tidak sah,” ujar dia.

Anggota DPR RI dari Dapil Jatim 1 (Surabaya dan Sidoarjo) itu meminta kepada DPP PD memberlakukan sanksi tegas bagi siapa saja yang memberi dukungan ganda. 

Dukungan antara para calon Ketua DPD Demokrat Jatim bermunculan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News