Wisata Gunung Bromo dan Semeru Ditutup selama PPKM Darurat

Jumat, 02 Juli 2021 – 23:00 WIB
Wisata Gunung Bromo dan Semeru Ditutup selama PPKM Darurat - JPNN.com Jatim
Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur. ANTARA/Vicki Febrianto.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kawasan wisata Gunung Bromo dan Semeru bakal ditutup selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Plt Kepala Balai Besar Taman Nasional Wisata Bromo dan Semeru Novita Kusuma Wardani mengatakan bahwa penutupan kawasan wisata sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait pelaksanaan PPKM Darurat.

"Seluruh obyek, dan daya tarik wisata alam di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ditutup secara total," kata Novita, Jumat (2/7).

Menurutnya, penutupan kawasan wisata di Gunung Bromo dan Semeru mampu mengurangi risiko meluasnya Covid-19 kepada para pengunjung, petugas, serta masyarakat di kawasan Taman Nasional.

"Penutupan dilakukan mulai 3-20 Juli 2021," katanya.

Ada beberapa ketentuan penting dalam penerapan PPKM Darurat tersebut, yakni kewajiban bekerja dari rumah, untuk semua pekerja sektor non-esensial, dan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring.

Bagi sektor esensial, maksimal 50 persen staf yang bekerja di kantor dengan melakukan protokol kesehatan secara ketat dan 100 persen bagi sektor kritikal.

Pemerintah mengizinkan supermarket, pasar tradisional, toko kelontong, dan swalayan untuk beroperasi hingga pukul 20.00 WIB, dengan kapasitas pengunjung 50 persen.

Kawasan wisata Gunung Bromo dan Semeru bakal ditutup selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.