SRS Beber Faktor Prabowo Lebih Unggul dari Ganjar & Anies di Jatim Sebagai Capres

Selasa, 15 Agustus 2023 – 21:55 WIB
SRS Beber Faktor Prabowo Lebih Unggul dari Ganjar & Anies di Jatim Sebagai Capres - JPNN.com Jatim
Hasil survei elektabilitas simulasi tiga nama terkait nama capres di Jatim. Foto: Dok. SRS.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Surabaya Research Syndicate (SRS) merilis hasil survei elektabilitas nama-nama yang digadang maju sebagai capres-cawapres di Pilpres 2024 di Jawa Timur.

Direktur Riset SRS Edwin Abdul mengatakan elektabilitas Prabowo Subianto unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, baik dalam top of mind hingga simulasi tiga nama.

"Elektabilitas Prabowo di angka 25,8 persen. Kemudian Ganjar di angka 23,1 persen, sedangkan Anies Baswedan di angka 10,2 persen," kata Edwin via Zoom, Selasa (15/8).

Dalam simulasi sepuluh nama, elektabilitas Prabowo makin meningkat yakni 33,8 persen disusul Ganjar 28,4 persen, dan Anies Baswedan 11,6 persen.

Kemudian pada simulasi tiga nama, elektabilitas Prabowo di angka 43,7 persen, disusul Ganjar Pranowo 39,5 persen, dan Anies Baswedan 12,2 persen.

"Elektabilitas Prabowo trennya meningkat meninggalkan Ganjar, bahkan dalam simulasi head to head melawan Ganjar, Prabowo meraih angka 50,2 persen, sedangkan Ganjar 45,6 persen," ujarnya.

Dia membeberkan faktor utama yang membuat elektabilitas Prabowo makin dominan atas Ganjar adalah fenomena Jokowi Effect.

Dari hasil survei, 43,6 persen responden di Jatim meyakini Jokowi memberikan endorsement kepada Prabowo untuk menjadi Presiden RI 2024-2029.

SRS membeberkan beberapa faktor elektabilitas Prabowo Subianto unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Jatim sebagai capres.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News