3 Desa dan Kelurahan di Jatim Juara Inovasi Terbaik, Siap Lanjut ke Tingkat Nasional

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 12:37 WIB
3 Desa dan Kelurahan di Jatim Juara Inovasi Terbaik, Siap Lanjut ke Tingkat Nasional - JPNN.com Jatim
Dinas PMD Jatim mengumumkan desa dan kelurahan terbaik yang akan berlomba di tingkat nasional di Hotel Santika Gubeng, Surabaya, Jumat (16/8) malam. Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Jatim mengumumkan tiga desa dan tiga kelurahan terbaik di wilayah setempat.

Kepala Dinas PMD Jatim Budi Sarwoto mengatakan ada tiga indikator yang dinilai dalam menentukan desa dan kelurahan terbaik.

"Ada kemasyarakatan, kewilayahan, dan pemerintahan. Jadi, ada tiga bidang itu yang dinilai," kata Budi seusai pengumuman pemenang di Hotel Santika Gubeng, Surabaya, Jumat (16/8) malam.

Budi mengaku banyak desa dan kelurahan yang menerapkan berbagai inovasi di Jatim. Inovasi yang diterapkan, terutama berkaitan dengan pelayanan bagi masyarakat.

Inovasi itu juga diakui menjadi salah satu indikator yang dinilai untuk menentukan pemenang.

"Inovasi adalah salah satu indikator yang kami gunakan untuk menilai desa dan kelurahan tersebut. Banyak inovasi yang intinya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Budi menyebut rangkaian lomba desa dan kelurahan di Jatim dimulai pada Februari 2024. Tahapan pertama yang dijalani adalah kelengkapan administrasi.

Kemudian paparan dan dilanjutkan dengan penilaian lapangan. Untuk penilaian terakhir berupa penentuan juaranya berdasarkan tiga indikator tersebut.

Dinas PMD Jatim mengumumkan desa dan kelurahan terbaik yang akan berlomba di tingkat nasional.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News