Imbas Varietas Padi Unggul, Produksi Petani Merauke Sukses Naik

Kamis, 25 Juli 2024 – 10:35 WIB
Imbas Varietas Padi Unggul, Produksi Petani Merauke Sukses Naik - JPNN.com Jatim
lahan pertanian modern di Distrik Kurik, Kabupaten Merauke yang mengembangkan varietas unggul padi Cakrabuana Agritan. Foto: Dok. Kementan.

jatim.jpnn.com, MERAUKE - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyatakan pihaknya terus menggencarkan pengembangan varietas unggul padi Cakrabuana Agritan.

Hal itu dia ungkapkan saat meninjau langsung lahan pertanian modern bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Distrik Kurik, Kabupaten Merauke pada Selasa (23/7).

Adapun Cakrabuana Agritan merupakan salah satu varietas padi yang memiliki produktivitas tinggi dan adaptif di lahan rawa dan di tengah perubahan iklim.

“Ini bagus sekali, subur sekali, ini luar biasa, potensinya. Kita uji coba varietas Cakrabuana, potensi produksinya hingga 9-10 ton per hektare. Ini kita kembangkan di Merauke, nantinya untuk satu juta hektare,” ungkap Amran.

Amran menjelaskan penanaman varietas Cakrabuana Agritan di Merauke tersebut telah melalui uji coba dan menunjukkan hasil yang maksimal walau diimplementasikan di lahan rawa.

Varietas itu tahan terhadap hama dan penyakit, serta mampu beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan.

Oleh sebab itu, varietas Cakrabuana Agritan merupakan jawaban bagi ketahanan pangan Indonesia di tengah ancaman perubahan iklim. Selain sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendorong ketahanan pangan, pengembangan varietas ini juga berdampak pada meningkatnya kesejahteraan petani.

“Bapak Presiden mendukung penuh pengembangan padi di Merauke dengan teknologi, full mekanisasi, dan benih unggul. Varietas ini bisa menghasilkan hingga 10 ton per hektar,” imbuh Amran.

Tenang Wibowo, salah satu petani di Merauke mengatakan dirinya merupakan salah satu yang menerapkan teknologi pertanian seperti yang dianjurkan Amran dan upaya itu telah membuahkan hasil.

Produksi padi petani di Merauke naik secara signifikan berkat varietas yang unggul.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News