Mengenal Metode UKR, Penyembuhan Radang Sendi Akut yang Diklaim Cepat Pulih

Sabtu, 30 Maret 2024 – 18:00 WIB
Mengenal Metode UKR, Penyembuhan Radang Sendi Akut yang Diklaim Cepat Pulih - JPNN.com Jatim
Konsultan ortopedik, arteoplasti dan ahli bedah sukan dari ALTY Hospital Kuala Lumpur Dato Dr Badrul Shah Badaruddin saat menjelaskan tentang metode UKR untuk pasien yang memiliki radang sendi akut. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Penyakit sendi degeneratif atau Osteoartritis Lutut yang dialami seseorang tentu dapat menghambat kegiatan sehari-hari. Apabila mengalami radang sendi akut, salah satu penyembuhan yang bisa dilakukan adalah operasi penggantian lutut.

Operasi penggantian lutut bertujuan mengganti sendi yang sudah rusak dengan sendi prostetik yang terbuat dari bahan logam. Salah satu metode yang direkomendasikan, yaitu Unicompartmental Partial Knee Replacement (UKR) atau operasi penggantian sendi lutut sebagian.

Konsultan ortopedi, arthroplasty, dan ahli bedah sukan dari ALTY Hospital Kuala Lumpur Dato Dr Badrul Shah Badaruddin menjelaskan metode itu adalah alternatif penggantian lutut total bagi pasien yang penyakitnya terbatas pada satu area lutut.

“Selama operasi penggantian lutut, tulang, dan tulang rawan yang rusak akibat osteoartritis dilapisi kembali dengan komponen logam dan plastik,” kata Badrul saat berkunjung ke Surabaya, Jumat (29/3).

Badrul mengungkapkan metode UKR ini memiliki keuntungan, jika dibandingkan dengan operasi penggantian lutut total, seperti pemulihan lebih cepat, mengurangi rasa sakit setelah operasi, lebih sedikit kehilangan darah, serta menurunkan resiko infeksi dan pembekuan darah.

Kemudian karena tulang, tulang rawan, dan ligamen di bagian lutut yang sehat tetap terjaga, banyak pasien melaporkan bahwa penggantian lutut uni kompartemen terasa lebih alami dibandingkan penggantian lutut total.

“Lutut yang tidak berkompartemen juga bisa menekuk lebih baik,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan syarat untuk melakukan operasi ini adalah radang sendi yang dialami harus terbatas pada satu kompartemen lutut

Penyembuhan osteoartritis lutut dengan Metode UKR diklaim lebih cepat pemulihannya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News