RSIA Kendangsari Merr Buka Layanan Gigi Khusus ABK Pertama di Surabaya

Minggu, 10 Maret 2024 – 16:53 WIB
RSIA Kendangsari Merr Buka Layanan Gigi Khusus ABK Pertama di Surabaya - JPNN.com Jatim
Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Merr punya layanan special care dentistry yang diperuntukan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Sabtu (9/3). Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Merr punya layanan special care dentistry yang diperuntukan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK), Sabtu (9/3).

Dirut RSIA Kendangsari Merr Dhimas Panji Condro MHum mengungkapkan layanan itu merupakan yang pertama ada di Surabaya.

“Kalau layanan kesehatan gigi anak di beberapa rumah sakit sudah punya, tetapi kami fokus pada layanan gigi anak untuk ABK, dengan autisme hiperaktif, anak dengan down syndrom,” kata Dhimas.

Dia menjelaskan perbedaan layanan gigi khusus ABK ini terletak pada mekanisme penanganan.

Menurutnya, layanan gigi pada ABK memerlukan waktu dan ruang yang tidak bisa disamakan dengan anak tipikal atau anak normal.

“Anak-anak ini perilaku, emosionalnya tidak stabil sehingga membutuhkan space, waktu yang lebih luang dan leluasa supaya anak-anak ini bisa tertangani dengan baik,” katanya.

Menurutnya, pada anak normal saja masih sulit untuk membuka mulut saat diperiksa oleh dokter, apalagi dengan kondisi ABK yang emosionalnya tidak  stabil.

Dhimas menjelaskan pentingnya merawat kesehatan gigi pada anak-anak. Sebab, gigi yang sehat tentu berdampak pada tumbuh kembang anak.

RSIA Kendangsari Merr punya layanan gigi untuk ABK, beri treatment yang berbeda dari lainnya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News