Asosiasi Pengembang Dorong Percepatan Pembangunan Perumahan Rakyat di Jatim

Rabu, 17 Januari 2024 – 19:29 WIB
Asosiasi Pengembang Dorong Percepatan Pembangunan Perumahan Rakyat di Jatim - JPNN.com Jatim
Sepuluh pengembang melakukan deklarasi untuk mendorong percepatan pembangunan perumahan rakyat di Jatim, Rabu (17/1). Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Forum Lintas Asosiasi Perumahan Jawa Timur menggelar deklarasi untuk menyamakan persepsi visi-misi membantu pemerintah membangun rumah untuk rakyat, di Surabaya, Rabu (17/1).

Ketua Forum Lintas Asosiasi Perumahan Jatim Fikri mengatakan sepuluh asosiasi pengembang perumahan itu membentuk forum komunikasi untuk menyuarakan apa yang selama ini menjadi keresahan mereka.

“Forum ini mendorong pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan perumahan di Jatim. Selama ini masing-masing asosiasi menemukan data adanya kendala percepatan proses perizinan dalam membangun rumah,” ujar Fikri.

Percepatan pembangunan perumahan untuk rakyat sejalan dengan pemerintah. Pihaknya juga ingin mewujudkan hal itu menjadi kenyataan dan prosesnya bisa berjalan dengan cepat.

Namun, dalam proses pengerjaannya kerap terkendala masalah perizinan. Itu menjadi poin utama bagi asosiasi untuk diselesaikan.

“Contohnya, perizinan PBB, perubahan perizinan IMB menjadi PBB di beberapa wilayah kabupaten kota menjadi isu penting untuk dibicarakan sehingga ada percepatan perizinan,” tuturnya.

Selain itu, kendala lainnya yang dialami para asosiasi pengembang perumahan adalah upaya penindakan kavling liar yang harus ditindak secara tegas oleh aparat penegak hukum.

“Kavling liar sudah masuk penindakan melawan hukum dan makin marak. Jelas-jelas itu melanggar UU Nomor 1 2012 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah,” katanya.

Sepuluh pengembang atau developer melakukan deklarasi untuk mendorong percepatan pembangunan perumahan rakyat di Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News