Harga Ayam di Pacitan Menyentuh Harga Rp40 ribu, Pedagang & Pembeli Mengeluh

Rabu, 26 Juli 2023 – 10:18 WIB
Harga Ayam di Pacitan Menyentuh Harga Rp40 ribu, Pedagang & Pembeli Mengeluh - JPNN.com Jatim
Pedagang berjaga di lapak daging ayam di Pasar Minulyo, Pacitan, Selasa (25/7). ANTARA/HO-DHS

jatim.jpnn.com, PACITAN - Harga daging ayam di Kabupaten Pacitan melonjak di kisaran harga Rp40 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp32 ribu. Hal tersebut dikeluhkan sejumlah pedagang.

“(Rp32 ribu) itu harga tiga bulan lalu, tetapi berangsur naik dan sekarang mencapai Rp40 ribu per kilogram,” kata salah satu pedagang ayam di Pacitan Didik Setiawan, Selasa (25/7).

Keluhan serupa diungkapkan beberapa pedagang lain. Mereka mengaku modal untuk belanja naik diikuti penjualan yang seret atau menurun. Banyak pembeli mengurangi volum belanja daging ayam karena mahal.

Pembeli juga ada yang beralih ke bahan baku lauk lebih murah dibandingkan daging ayam.

“Daya beli masyarakat tidak bisa mengikuti kenaikan harga di pasaran. Mereka lebih memilih mencari bahan baku untuk lauk dan masakan yang lebih murah," kata Purwanti.

Sementara itu, kondisi mahalnya daging ayam juga dikeluhkan oleh pembeli.

"Ini tadi mau beli daging ayam, tetapi karena mahal terpaksa beli tahu tempe untuk lauk di rumah. Duitnya tidak cukup (untuk beli daging ayam)," kata Rianti, pengunjung pasar asal Kelurahan Plaosan, Pacitan.

Informasi pedagang, kenaikan harga daging ayam sudah terjadi sejak dari peternak. Dalihnya adalah kenaikan harga atau biaya pakan sehingga penjualan ayam potong ikut terkerek naik.

Para pedagang dan pembeli mengeluhkan harga ayam yang menyentuh Rp40 per kilogramnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News