Jangan Minum Air Putih Berlebihan, 5 Efek Sampingnya Mengerikan

Rabu, 06 Juli 2022 – 15:33 WIB
Jangan Minum Air Putih Berlebihan, 5 Efek Sampingnya Mengerikan - JPNN.com Jatim
Ilustrasi minum air. (ANTARA/HO - Joko Purnomo)

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Para ahli menyarankan minum air putih delapan gelas dalam sehari. Apabila meminumnya secara rutin baik untuk tubuh, yakni bisa melancarkan peredaran darah hingga membuang racun tubuh.

Rupanya minum air terlalu berlebihan juga buruk bagi kesehatan Anda karena bisa menghambat kemampuan ginjal menghilangkan air ekstra mengencerkan natrium dalam tubuh.

Minum terlalu banyak air bisa menyebabkan fungsi ginjal yang tidak tepat dan menyebabkan pembengkakan sel yang berbahaya bagi kesehatan.

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman India.

https://www.india.com/lifestyle/water-side-effects-5-surprising-side-effects-of-drinking-too-much-water-5419757/?fbclid=IwAR1-YkJeFmp9tSNPtFvm0kJXFy--AY4DJJc1AQ9aWy3bCW1G0TjBmVjTVoM.

1. Menyebabkan hiponatremia

Dikatakan bahwa minum terlalu banyak air putih bisa menyebabkan kelebihan cairan dan ketidakseimbangan dalam tubuh.

Kelebihan air bisa menyebabkan kadar garam tubuh turun, mengakibatkan mual, muntah, kram, kelelahan, dan gejala lainnya.Hiponatremia adalah istilah medis untuk kondisi ini.

2. Mengurangi elektrolit dalam tubuh

Kadar elektrolit turun saat Anda minum terlalu banyak air dan keseimbangannya terguncang.

Ada beberapa efek samping minum air putih berlebihan untuk kesehatan tubuh dan salah satunya bisa membuat Anda sering buang air kecil.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News