Serahkan Bibit ke PT Biotis, Vaksin Merah Putih Segera Diproduksi

Rabu, 10 November 2021 – 02:07 WIB
Serahkan Bibit ke PT Biotis, Vaksin Merah Putih Segera Diproduksi - JPNN.com Jatim
Rektor Unair Prof Nasih saat menyerahkan bibit Vaksin Merah Putih ke PT Bios, Selasa (9/11). Foto: Humas Unair

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Peneliti Universitas Airlangga (Unair) menyerahkan bibit Vaksin Merah Putih ke PT Biotis Pharmaceuticals untuk diproduksi dalam skala kecil.

Rektor Unair Prof Mohammad Nasih mengatakan vaksin buatan kampusnya itu sudah melewati uji praklinis hingga ke hewan besar atau makaka. Hasilnya aman dan berkhasiat.

"Pengujian praklinis sudah kami lakukan dengan berbagai macam kelompok usia, mulai lanjut usia, senior, remaja, hamil, dan kategori anak-anak. Hasilnya sangat-sangat aman," kata Nasih saat Sidang Terbuka Dies Natalis Unair ke-67, Selasa (9/11).

Tuntasnya uji praklinis vaksin itu maka siap lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu uji klinis kepada manusia.

"Seed vaksinnya sudah kami serahkan, berikutnya adalah memproduksinya dalam skala piloting untuk bisa disuntikkan ke manusia," ujar dia.

Namun, sebelum diuji, vaksin karya anak bangsa itu harus mengantongi izin dari BPOM terlebih dahulu.

"Datanya sudah kami submit semua ke sana. Sekarang dalam proses penilaian dan mudah-mudahan akan segera selesai," ucap dia.

Terkait fatwa halal, Nasih menyerahkannya ke pihak Biotis yang akan memproses bibit vaksin tersebut. Saat ini, pihaknya menunggu proses uji klinis satu sampai tiga yang rencananya diselenggarakan di Surabaya.

Bibit Vaksin Merah Putih akan diproduksi dalam skala kecil untuk uji klinis ke manusia
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News