Ada Sesuatu Antara Lakon Arjunawiwaha dan Airlangga Hartarto

Minggu, 31 Oktober 2021 – 06:40 WIB
Ada Sesuatu Antara Lakon Arjunawiwaha dan Airlangga Hartarto - JPNN.com Jatim
Suasan wayangan lakon 'Arjuna Wiwaha' dalam rangkaian peringatan HUT Ke-57 Golkar di Surabaya, Sabtu (30/10/2021) malam. (ANTARA/Fiqih Arfani)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Salah satu rangkaian peringatan HUT ke-57-nya, DPD Partai Golkar Jatim menggelar wayang kulit dengan lakon 'Arjunawiwaha', Sabtu (30/10).

Tanggapan wayang dimulai dengan penyerahan "gunungan" dari Ketua DPD Golkar Jawa Timur M. Sarmuji kepada Ki Dalang Cahyo Kuntadi.

"Wayangan biasanya sampai semalam suntuk, tetapi karena masih dalam masa pandemi maka hanya digelar empat jam saja dengan prokes," kata Sarmuji.

Kisah Arjunawiwaha gubahan Empu Kanwa sebagai simbol perjalanan Raja Airlangga di Kerajaan Kahuripan.

Dalam cerita tersebut, Arjuna berhasil menyingkirkan pembuat rusuh kahyangan, yaitu Prabu Niwatakawaca yang sakti mandraguna, tetapi merusak.

Sarmuji mengatakan setelah 1.000 tahun kisah Arjuna Wiwaha ditulis, ada tokoh bernama Airlangga Hartarto.

Ketua Umum Golkar tersebut kini sedang mengemban tugas besar memulihkan kekacauan negara akibat COVID-19.

Seperti yang diketahui, Airlangga kini turut menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Golkar Jatim sengaja menggelar wayangan dengan Lakon Arjunawiwaha yang dianggap memiliki keterkatian dengan ketum mereka, Airlangga Hartarto.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News