Tekan Kerugian Akibat Bencana, BPBD Bentuk Forum Khusus Ormas-Ormas Ini

Rabu, 29 September 2021 – 15:30 WIB
Tekan Kerugian Akibat Bencana, BPBD Bentuk Forum Khusus Ormas-Ormas Ini - JPNN.com Jatim
Kegiatan Pelatihan Mitigasi Bencana dan pembentukan Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di Aula Prodi DIII Kebidanan Kampus Magetan, Selasa (28/9/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Magetan)

jatim.jpnn.com, MAGETAN - Guna menekan kerugian akibat musibah baik korban jiwa maupun materiel, BPBD Magetan membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB).

Sekretaris BPBD Magetan Ardian mengutarakan di daerah itu terdapat 25 organisasi masyarakat (ormas) kesiapsiagaan dan tanggap bencana.

"Dengan terbentuknya FPRB, maka ormas-ormas tersebut menjadi satu dan kompak dalam menanggapi bencana di Magetan yang rawan terjadi," kata dia, Selasa (28/9).

Dia menerangkan terbentuknya FPRB tersebut juga sebagai wadah konsultasi dan mitra bagi Pemkab Magetan untuk mengurangi risiko bencana di daerah itu.

Ardian mengatakan pelatihan mitigasi bencana juga digelar untuk memberikan edukasi dan kesadaran kepada masyarakat tentang bagaimana mengurangi dampak bencana sehingga mereka makin tanggap, terutama yang tinggal di daerah rawan.

Dia menyebutkan secara garis besar, bencana dikategorikan menjadi tiga, yaitu bencana alam, nonalam, dan sosial.

"Pelatihan mitigasi bencana itu dapat mengurangi risiko saat terjadinya bencana, karena penanganannya merupakan tanggung jawab bersama," tutur Ardian.

Sesuai rencana, pelatihan mitigasi bencana oleh BPBD Magetan akan digelar selama tiga hari, 28-30 September 2021.

Pemkab Magetan punya strategi sendiri untuk menekan kerugian akibat terjadinya bencana di daerahnya.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News