12 Panel Surya Rakitan Mahasiswa IT Telkom Terangi Lereng Gunung di Blitar

Kamis, 16 September 2021 – 19:50 WIB
12 Panel Surya Rakitan Mahasiswa IT Telkom Terangi Lereng Gunung di Blitar - JPNN.com Jatim
Pelatihan perakitan PJU tenaga surya diberikan Tim Pengabdian Masyarakat IT Telkom kepada pemuda karang taruna di Desa Ngeni, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, pada 9 September lalu. (ANTARA Jatim/HO-IT Telkom/hn)

jatim.jpnn.com, BLITAR - Ketika malam tiba, jalanan di lereng gunung kawasan Desa Ngeni, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar selalu gelap karena tidak satu pun lampu yang menerangi area tersebut.

Padahal di kawasan tersebut warga kerap melintas. Sebenarnya, warga setempat sudah mengajukan permintaan pemasangan lampu kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Namun, sampai sekarang belum permintaan itu belum ditindaklanjuti.

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa yang tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Telekomunikasi (IT Telkom) Surabaya merakit dan melakukan pemasangan lampu penerangan yang menggunakan energi terbarukan panel surya.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat IT Telkom Surabaya Dimas Adiputra mengatakan ada sebanyak 12 penerangan jalan umun (PJU) yang mereka pasang di lereng gunung kawasan desa tersebut.

"PJU alternatif ini bertenaga surya jadi tak perlu tersambung ke grid PLN," ujarnya.

Dimas menjelaskan tidak ada biaya operasional yang perlu dibebankan ke pihak manapun, kecuali untuk perawatan. 

Menurut Dimas, kegiatan mereka yang berlangsung pada 9 September tersebut
juga sekaligus memberikan pelatihan perakitan PJU tenaga surya kepada warga.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan keterampilan itu, warga sudah bisa merawat PJU tenaga surya dengan baik," tandasnya. (antara/mcr17/jpnn)

 
Mahasiswa yang tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat IT Telkom Surabaya merakit dan melakukan pemasangan lampu penerangan yang menggunakan panel surya di..
Sumber Antara