Satu Peserta UTBK di Universitas Jember Reaktif Covid-19

Selasa, 13 April 2021 – 00:07 WIB
Satu Peserta UTBK di Universitas Jember Reaktif Covid-19 - JPNN.com Jatim
Wakil Rektor I Unej Prof. Slamin (kanan) melihat kesiapan alat GeNose yang disiapkan untuk peserta UTBK SBMPTN 2021 di depan Auditorium Unej, Senin (12/4/2021) (ANTARA/HO-Humas Unej)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Seorang peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di Universitas Jember (Unej) dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan melalui GeNose, Senin (12/4).

Ketua Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 Unej dr. Ulfa Elfiah menjelaskan awalnya panitia mendapati sejumlah peserta yang tidak membawa surat keterangan dari RT/RW dan tes cepat.

Baca Juga: Begini Isi Tas Misterius yang Tergeletak di Gedung DPRD Kota Kediri

Sejumlah peserta UTBK tidak membawa surat keterangan dari RT/RW lalu menjalani pemeriksaan oleh pihak Satgas Covid-19.

"Dari sesi UTBK pagi dan siang tercatat ada tujuh peserta yang menjalani screening GeNose dan hanya satu yang reaktif, sedangkan enamnya berhasil melewati pemeriksaan GeNose dengan hasil non-reaktif," tuturnya.

Ketua Pusat UTBK Universitas Jember Prof. Slamin mengatakan peserta yang dinyatakan reaktif Covid-19 otomatis tidak bisa mengikuti ujian untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), sehingga dinyatakan gugur.

Baca Juga: Tri Rismaharini Jadi Pilihan Kaum Milenial Jawa Timur Gantikan Presiden Jokowi

"Kami sarankan peserta yang bersangkutan untuk pulang dan melakukan isolasi mandiri karena Unej tidak mau mengambil risiko yang lainnya terpapar Covid-19," katanya.

Seorang peserta ujian tulis berbasis komputer (UTBK) di Universitas Jember (Unej) dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan melalui GeNose.