Harga Menurun, Petani Porang Madiun Pakai Cara ini Jual Hasil Panennya

Sabtu, 28 Agustus 2021 – 23:50 WIB
Harga Menurun, Petani Porang Madiun Pakai Cara ini Jual Hasil Panennya  - JPNN.com Jatim
Sejumlah petani porang sedang menjemur irisan porang untuk dijadikan "chips" porang yang bernilai ekonomis tunggi di Desa Banjarsari Wetan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jatim. (ANTARA/Louis Rika)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Harga panen umbi porang di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, anjlok ke kisaran harga Rp7.000 per kilogram dari yang sebelumnya Rp10.000 per kilogram.

Penurunan harga tersebut diungkapkan oleh petani petani porang di Desa Banjarsari Wetan, Kecamatan Dagangan, Nur Kolis.

"Harga panen umbi porang sebelumnya mencapai Rp10.000 per kilogram. Namun, sekarang ini turun ke harga Rp6.500 sampai Rp7.000 per kilogram," papar Kolis di Madiun, Sabtu

Berdasarkan hal tersebut, Kolis danpetani lainnya memilih menjual porang dalam bentuk chips.

"Kalau diolah menjadi chips harga jualnya tergolong tinggi, berada dikisaran Rp40.000 hingga Rp55.000 per kilogram," jelasnya.

Seperti diketahui, chips porang dibuat dalam bentuk umbi porang diiris tipis-tipis ukuran sekitar 1 sentimeter dengan alat khusus.

Setelah diiris, porang tersebut dijemur selama beberapa hari hingga kering dan tak mengandung air.

Selain menjual dengan cara chips, untuk menekan biaya, Kolis juga memilih menggunakan bibit spora yang lebih murah, meski proses tanamnya agak lama.

"Dibandingkan dengan menanam porang dari benih katak ataupun umbi, bibit spora cukup lamban. Tapi dari segi harga lebih hemat," kata dia.

Harga panen umbi porang di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, anjlok ke kisaran harga Rp7.000 per kilogram dari yang sebelumnya Rp10.000 per kilogram.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News