Surat Terbuka APPI kepada Jokowi, Arema FC: Mereka Bukannya Abai COVID-19

Minggu, 01 Agustus 2021 – 08:20 WIB
Surat Terbuka APPI kepada Jokowi, Arema FC: Mereka Bukannya Abai COVID-19 - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Arema FC mengapresiasi sikap APPI soal menyegerakan Liga 1 2021. Ilustrasi: Antara/HO-Arema FC/VFT

jatim.jpnn.com, MALANG - Arema FC menghargai langkah Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) yang menyuarakan sikap mereka soal Liga 1 2021 melalui surat terbuka Presiden Jokowi.

“Kami menghargai sikap tegas para pemain yang tergabung dalam APPI agar Liga 1 2021 digelar. Sebab kelangsungan hidup mereka bergantung pada kompetisi,” kata media officer Arema FC, Sudarmaji, mengutip laman klub, Minggu (1/8).

Dalam surat terbuka itu, APPI memaparkan poin penting agar kompetisi bisa digulirkan. Salah satunya, menyatakan bahwa pesepakbola profesional yang tergabung di klub Liga 1 dan 2 siap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Terbukti hampir seluruh pemain dari para klub kontestan kompetisi domestik tersebut sudah menjalani vaksinasi COVID-19 lengkap.

“Mereka bukan mengabaikan pandemi COVID-19, pemain siap dengan banyak pembatasan dan prokes. Itu yang harus didukung bersama demi menjaga kesehatan,” ujar Sudarmaji.

Di sisi lain, bagi seluruh elemen sepak bola termasuk pemain juga memiliki kepentingan untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

“Terselenggaranya kompetisi juga untuk menjaga kelangsungan hidup pemain beserta keluarga mereka. Jadi, surat terbuka itu mungkin bentuk aspirasi para pemain,” tutur dia.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sejauh ini belum memastikan jadwal pelaksanaan Liga 1 2021. Selaku operator, mereka hanya memperkirakan akan menggelar kompetisi mulai 20 Agustus mendatang. (mcr13/jpnn)