Warga Kota Madiun Makan Ikan Cuma 1,3 Kilo Sebulannya, Muntoro: Masih Rendah

Kamis, 01 Juli 2021 – 10:06 WIB
Warga Kota Madiun Makan Ikan Cuma 1,3 Kilo Sebulannya, Muntoro: Masih Rendah - JPNN.com Jatim
DKPP Kota Madiun memberikan bantuan benih ikan lele kepada Kelompok Perikanan Mulya Abadi di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo. (Antara/HO-Diskominfo Kota Madiun)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun terus berupaya meningkatkan produksi ikan di kalangan peternaknya.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mendongkrak jumlah konsumsi ikan di Kota Madiun yang tergolong masih rendah.

"Tingkat konsumsi ikan di Kota Madiun saat ini hanya 15,5 kilogram per kapita per tahun," kata Kepala DKPP Kota Madiun Muntoro Danardono, Rabu (30/6).

Atau bila dihitung per bulan sekitar 1,3 kilo per orangnya.

Guna mendukung peningkatan produksi dan konsumsi ikan itu, DKPP menyalurkan bantuan benih ikan lele kepada kelompok peternak. Salah satunya, Kelompok Perikanan Mulya Abadi di Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo.

"Bantuan tersebut semula berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim yang totalnya 12 ribu ekor benih lele serta 90 kilogram pakan," kata Muntoro.

DKP Jatim pun memberikan bantuan empat unit bioflok atau wadah khusus untuk budi daya ikan yang tidak memerlukan ruangan luas dan dapat dikembangkan di area perkotaan.

Dengan bantuan tersebut, Muntoro berharap proses budi daya ikan lele di Kota Madiun makin berkembang dan lebih besar lagi. Terlebih, lele termasuk ikan yang mudah dikembangbiakkan.

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Madiun menilai jumlah konsumsi ikan warga di wilayah tersebut tergolong rendah.
Sumber Antara