Bukan Prediksi, Gempa M 8,7 dan Tsunami 29 Meter di Jawa Timur Itu 'Potensi'

Minggu, 06 Juni 2021 – 18:00 WIB
Bukan Prediksi, Gempa M 8,7 dan Tsunami 29 Meter di Jawa Timur Itu 'Potensi' - JPNN.com Jatim
BMKG memastikan isu bakal terjadinya gempa berkekuatan M 8,7 dan tsunami 29 meter itu hanya bersifat potensi, bukan prediksi. Ilustrasi Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Belakangan heboh kabar Jawa Timur bakal mengalami gempa bumi hebat berkekuatan magnitudo 8,7 dan diterpa tsunami setinggi 29 meter.

BMKG menegaskan informasi tersebut bersifat potensi, bukan prediksi."Sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, Minggu (6/6).

Informasi tersebut berdasarkan hasil kajian serta pemodelan para ahli yang disampaikan pada diskusi bertajuk "Kajian dan Mitigasi Gempa bumi dan Tsunami di Jawa Timur".

Dalam diskusi tersebut menyimpulkan zona lempeng selatan Jawa memiliki potensi lindu dengan magnitudo maksimum 8,7.

Bambang mengatakan Indonesia sebagai wilayah aktif dan rawan gempa bumi memiliki potensi yang dapat terjadi kapan saja dengan berbagai kekuatan magnitudo.

Bambang mengatakan sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat, baik itu menunjukkan waktu maupun kekuatan gempa.

"Maka dari itu, BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi,"ujar dia.

BMKG hanya berupaya melakukan langkah mitigasi struktural serta kultural dengan membangun bangunan aman gempa dan tsunami.

BMKG memastikan isu bakal terjadinya gempa berkekuatan magnitudo 8,7 diikuti tsunami 29 meter di Jawa Timur itu hanya potensi, bukannya prediksi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News