Akmal Marhali Ungkap Siapa Sosok yang Paling Bertanggung Jawab Atas Tragedi Kanjuruhan

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 08:38 WIB
Akmal Marhali Ungkap Siapa Sosok yang Paling Bertanggung Jawab Atas Tragedi Kanjuruhan - JPNN.com Jatim
Anggota Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) bersama sejumlah elemen masyarakat melakukan aksi Kamisan ke-750 di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/10/2022). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/rwa.

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali menyatakan siapa sosok yang paling bertanggung jawab terhadap tragedi Kanjuruhan.

Menurut dia, Direktur Utama Arema FC Iwan Budianto yang pantas bertanggung jawab penuh.

"Kalau korporasi yang bertanggung jawab direktur utama seperti halnya PT LIB. Ini ada di Peraturan Mahkamah Agung Nomor 13 Tahun 2016 soal tata cara pidana korporasi," kata Akmal Marhali dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (28/10).

Akmal menjelaskan di level korporasi yang bertanggung jawab adalah direktur utama, direktur operasional, dan direktur umum yang bisa dijerat lantaran mereka operasional sesuai jabatannya.

"PSSI termasuk korporasi maka tanggung jawabnya pada ketua," ujarnya.

Dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 13 Tahun 2016 Pasal 1 disebutkan bahwa korporasi adalah kumpulan orang dan atau kekayaan yang terorganisasi, baik merupakan badan hukum maupun bukan.

Harapannya Gilang Widya Pramana atau Juragan 99 itu hanya dimintai keterangan saja untuk menjerat Iwan Budianto.

"IB posisinya sebagai direktur utama, presiden itu tidak ada di struktur operasional korporasi. Posisinya komisaris. Sebagai saksi, sangat lemah kalau menjadi tersangka," tuturnya.

Sosok yang paling bertanggung jawab dalam tragedi Kanjuruhan diungkap oleh Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News