Malang Dilanda Gempa 5,4 Magnitudo, Terasa Hingga Lumajang dan Blitar

Sabtu, 09 Juli 2022 – 09:35 WIB
Malang Dilanda Gempa 5,4 Magnitudo, Terasa Hingga Lumajang dan Blitar - JPNN.com Jatim
Gempa bumi melanda Kabupaten Malang berkekuatab 5,4 Magnitudo. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,4 magnitudo melanda wilayah Kabupaten Malang pada Sabtu dini hari, pukul 03.27 WIB, tetapi tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi dengan kekuatan tersebut episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9,68° LS ; 112,89° BT.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 175 kilometer arah barat daya Lumajang, Jawa Timur pada kedalaman 47 kilometer.

Jenis dan mekanisme gempa bumi, apabila memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Dampaknya dirasakan di daerah Karangkates, Kepanjen, Lumajang, Blitar dengan skala intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Pukul 03.50 WIB, dari hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempa bumi susulan dengan kekuatan 4,0 dan 4,1 magnitudo.

BMKG Juanda mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan gempa.

Kabupaten Malang dilanda gempa bumi berkekuatan 5,4 magnitudo, tetapi tidak berpotensi tsunami.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News