Guru Olahraga di Situbondo Diminta Ajak Siswa Tonton Pertandingan di Porprov Jatim 2022

Kamis, 28 Oktober 2021 – 12:15 WIB
Guru Olahraga di Situbondo Diminta Ajak Siswa Tonton Pertandingan di Porprov Jatim 2022 - JPNN.com Jatim
Guru olaharga jenjang SMP mengikuti pelatihan optimalisasi manajemen penyelenggaraan multi-event olahraga di Kedai Kafe Stasiun Situbondo. Rabu (27/10/2021) (ANTARA/Novi H)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Sekitar 40 orang guru olahraga SMP di Kabupaten Situbondo mengikuti latihan optimalisasi manajemen penyelenggaraan multievent olahraga.

Latihan tersebut guna menyukseskan ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) 2022 yang akan berlangsung di empat daerah tuan rumah yakni Situbondo, Lumajang, Bondowoso, dan Jember.

Dosen Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya Imam Marsudi mengatakan puluhan guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) jenjang SMP di Situbondo itu harus berpartisipasi dalam rangka menyukseskan ajang Porprov.

"Dalam pelatihan ini, kami berharap peran guru dalam memeriahkan Porprov Jatim yang akan berlangsung pertengahan tahun depan itu," kata dia dalam kegiatan pelatihan di Kedai Kopi Stasiun di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Rabu (27/10).

Menurut Imam, guru olahraga penting untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan porprov. Setidaknya, kata dia, para guru olahraga tersebut bisa mengajak siswanya untuk menonton laga di beberapa cabang olahraga pada saat porprov digelar.

"Kalau siswa sudah terlibat, bisa menjadi referensi dan motivasi mereka untuk menjadi atlet, sesuai dengan kemampuan," jelasnya.

Imam mengatakan siswa SMP punya potensi besar untuk dipersiapkan menjadi atlet. Oleh karenanya, penting untuk mereka diajak menonton pertandingan setiap cabang olahraga Porprov Jatim nanti.

"Harapannya, melalui latihan ini para guru olahraga bisa membangkitkan semangat dalam menyambut porprov. Apalagi, Situbondo menjadi tuan rumah," tandasnya. (antara/mcr17/jpnn)

Para guru olahraga di Situbondo diminta mengajak siswanya untuk menonton laga di beberapa cabang olahraga pada saat Porprov 2022 digelar
Sumber Antara