Profil Aditya Arya Nugraha, Kiper Persebaya dari Malang untuk Timnas Indonesia

Jumat, 23 September 2022 – 07:30 WIB
Profil Aditya Arya Nugraha, Kiper Persebaya dari Malang untuk Timnas Indonesia - JPNN.com Jatim
Kiper muda bertalenta asal Kabupaten Malang yang sekarang menjadi kiper muda Persebaya Surabaya dan menjadi kiper andalan kedua Timnas Indonesia. Foto: Dok Pri Hendra for JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Bagi pecinta sepak bola yang melihat pertandingan antara Indonesia vs Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Asia mungkin melihat kiper baru. Dia ialah Aditya Arya Nugraha, kiper muda Persebaya asal Kabupaten Malang.

Persebaya memang gencar melakukan perekrutan pemain muda berbakat. Contohnya, kiper bertalenta dari Kota Apel tersebut. Kemampuan menjaga gawang yang cukup bagus membuat Pelatih Timnas Indonesia memanggil lelaki berusia 18 tahun itu.

Aditya pemain sepak bola yang berasal dari Desa Sumberpasir, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dia berhasil menjadi penjaga gawang pelapis dari Cahya Supriadi yang mengalami cedera.

Dia menyampaikan menjadi penjaga gawang Timnas Indonesia U-20 berawal dari kesukaannya bermain bola sejak kecil. Sempat berpindah-pindah sekolah sepak bola hingga akhirnya diterima di Aji Santoso di International Football Academy (ASIFA).

“Kalau dulu aku waktu SD itu ikut di Tumpang FC, ya saat itu saya masih main menjadi stopper, lalu pindah ke Porma FC yang di Velodrome (Sawojajar) seingat saya SMP,” katanya.

Tahapan yang tidak instan dilaluinya memang butuh kesabaran. Hingga akhirnya penantian masuk akademi bergengsi di Malang tersebut datang.

“Saat ikut ASIFA saya dipantau coach Aji, lalu saya diajak untuk gabung Persebaya. Saat ini saya dikontrak selama tiga tahun,” ungkapnya.

Dia juga mengakui bahwa kariernya masuk ke Persebaya berperan besar dipanggil Coach Shin Tae-yong. Kesempatan yang tidak ingin dia sia-siakan harapannya bisa tampil konsisten dan terus mengalami kenaikan.

Aditya Arya Nugraha merupakan kiper Persebaya dari Malang untuk Timnas Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News