Aduh, Ada Empat Tempat Pembuatan Sabu-Sabu Rumahan di Lumajang

Minggu, 24 Oktober 2021 – 03:19 WIB
Aduh, Ada Empat Tempat Pembuatan Sabu-Sabu Rumahan di Lumajang - JPNN.com Jatim
Tim labfor Polda jatim membawa sejumlah sampel hasil sabu-sabu yang diproduksi tersangka GY yang diduga kuat sebagai produsen sabu-sabu di Lumajang, Sabtu (23/10/2021). (ANTARA/HO-Polres Jember)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Polda Jatim meneliti hasil produksi sabu-sabu rumahan di Lumajang dengan mengambil beberapa sampel untuk dikaji di laboratorium forensik (labfor) kepolisian daerah setempat.

"Hal itu dilakukan untuk mengetahui kualitas dari hasil proses pembuatan sabu-sabu di sana," kata Kasubdit Narkoba Bidlabfor Polda Jatim AKBP Imam Mukti, Sabtu (23/10).

Aparat Satresnarkoba Polres Lumajang sebelumnya menciduk GY (47) di rumah salah seorang warga di Desa Besuk, Kecamatan Tempeh, Lumajang pada Kamis (21/10).

Rumah tersebut diduga kuat digunakan pelaku untuk memproduksi narkoba jenis sabu-sabu.

"Dari pemeriksaan sementara, kami mendapatkan banyak bahan yang memenuhi unsur pembuatan sabu-sabu seperti adanya aseton dan soda api," ujar dia.

Namun, untuk menentukan kualitas sabu-sabu buatan tersangka, masih belum bisa diketahui karena Polda Jatim akan membawa sejumlah sampel sabu-sabu itu ke labfor.

Imam menerangkan pelaku memproduksi sabu-sabu menggunakan metode "shake and bake" itu tergolong nekat lantaran risikonya sangat tinggi. Pasalnya, dapat menimbulkan ledakan akibat reaksi termokimia.

"Rata-rata pembuat sabu-sabu tidak menggunakan metode itu karena sangat riskan," ucap Imam.

Berikut hasil temuan polisi pada empat lokasi pembuatan sabu-sabu rumahan di Lumajang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News