Kapolres Madiun: Tak Ada Peningkatan Kriminalitas Imbas Kebijakan Pemadaman PJU

Jumat, 06 Agustus 2021 – 11:24 WIB
Kapolres Madiun: Tak Ada Peningkatan Kriminalitas Imbas Kebijakan Pemadaman PJU - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Pemkot Madiun mematikan sejumlah lampu atau penerangan jalan umum (PJU) di jalan dan tempat fasilitas umum. Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

jatim.jpnn.com, MADIUN - Kapolres Madiun, Jawa Timur AKBP Juri Leonard Siahaan menyatakan tak menemukan laporan peningkatan kasus kriminalitas di jalan maupun kecelakaan lalu lintas selama pemadaman penerangan jalan umum (PJU) belakangan.

"Sampai saat ini, tingkat kriminalitas di jalanan wilayah Kabupaten Madiun alhamdulillah tidak ada peningkatan, seperti begal ataupun curanmor," kata AKBP Juri, Kamis (5/8).

Kendati memberlakukan pemadaman PJU, Polres Madiun mengimbanginya dengan patroli rutin pada malam hari guna menjaga keamanan wilayah setempat.

Juri menjelaskan pemadaman lampu itu bertujuan mengurangi kerumunan. Harapannya, masyarakat dapat memanfaatkan waktu di malam hari untuk beristirahat di rumah.

"Korelasi lampu dimatikan dengan penurunan mobilitas warga sangat signifikan. Itulah tujuan kenapa lampu dimatikan sehingga kemudian kasus COVID-19 setempat dapat ditekan," ujar dia.

Juri menyampaikan upaya pencegahan COVID-19 yang dilakukan pemerintah akan sia-sia bila berjalan tanpa dukungan masyarakat. Untuk itu selama masa PPKM, dia mengimbau warga mengurangi mobilitas di malam hari.

"Dengan demikian, angka kriminalitas pun dapat ditekan sekaligus mengantisipasi penularan COVID-19," ucap dia. (antara/mcr13/jpnn)  

Sumber Antara