Terkuak, Penendang Sesajen Pernah Menjadi Santri Eks Terpidana Teroris Abu Bakar Ba'asyir

Sabtu, 22 Januari 2022 – 12:48 WIB
Terkuak, Penendang Sesajen Pernah Menjadi Santri Eks Terpidana Teroris Abu Bakar Ba'asyir - JPNN.com Jatim
Hadfana Firdaus tersangka penendang sesajen di lokasi bencana Gunung Semeru (kiri) dan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (kanan), Sabtu (22/1/2022). Foto: Sugiri for jpnn.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Tersangka pelaku penendang sesajen di Gunung Semeru, Hadfana Firdaus ternyata pernah menjadi santri dari Abu Bakar Ba'asyir di Pondok Pesantren Ngruki Sukoharjo. 

Fakta tersebut terkuak dalam pertemuan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dengan tersangka di Mapolres Lumajang, Sabtu (22/1). 

Tersangka Hadfana mengakui pernah menimba ilmu di pondok pesantren yang diasuh mantan terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba'asyir yang sudah menjalani masa tahanannya selama 15 tahun. 

Abu Bakar Ba'asyir sendiri kini sudah menghirup udara bebas sejak 8 Januari 2021 silam.

"Tadi juga sempat saya tanyakan, apakah dia sempat memondok di pesantren. Pelaku mengakui bahwa dia alumnus Pondok Pesantren Ngruki," kata Bupati Thoriq.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno mengatakan telah melakukan langkah-langkah hukum, yakni dengan memeriksa 12 saksi terkait.

Selain itu, pihaknya telah mengirim surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Lumajang. 

Disinggung adanya permintaan restorative justice untuk kasus HF ini, Kapolres mengatakan proses islah atau memaafkan tidak akan berpengaruh kepada proses hukum yang sedang berjalan. 

Tersangka pelaku penendang sesajen di lokasi bencana Gunung Semeru ternyata pernah pernah menjadi santri di pondok pesantren mantan terpidana teroris, Abu Bakar Ba'asyir.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News