Namanya Dicatut Untuk Sumbangan, Penyandang Disabilitas Lapor Polisi

Kamis, 02 Desember 2021 – 18:52 WIB
Namanya Dicatut Untuk Sumbangan, Penyandang Disabilitas Lapor Polisi - JPNN.com Jatim
Sejumlah penyandang disabilitas saat melaporkan dugaan pemalsuan data dan pencatutan nama mereka ke Polrestabes Surabaya, Kamis (2/12). Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah penyandang disabilitas mendatangi SPKT Polrestabes Surabaya, Kamis (2/12).

Kedatangan mereka rupanya melaporkan sebuah organisasi bernama Forum Komunikasi Disabilitas Indonesia (Forkadi) atas dugaan pemalsuan data.

"Dugaannya, data para penyandang disabilitas itu digunakan untuk mendapatkan sumbangan yang diajukan ke berbagai instansi," kata kuasa hukum pelapor, Hari Kurniawan.

Hari mengatakan ada sekitar sepuluh orang yang mulai berani mengungkap adanya pencatutan dan pemalsuan data penerima manfaat yang kerap terjadi di lingkungan organisasi atau komunitas disabilitas.

"Ini bentuk keberanian teman-teman penyandang disabilitas yang merasa dirugikan karena tidak mendapatkan manfaat dari nama-nama yang disebut," ujar dia.

Selain itu, laporan itu untuk memberikan efek jera kepada para pelaku yang masih melakukan praktik pemalsuan data dan pencatutan nama untuk meminta sumbangan.

"Harapannya, laporan kami diterima dan bisa diproses hukum agar menjadi pembelajaran buat ke depannya," tandas Hari. (mcr12/jpnn)

Dugaan pemalsuan data dan pencatutan nama diduga dilakukan organisasi bernama Forum Komunikasi Disabilitas Indonesia (Forkadi)

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News