Perusahaan Pelayaran Minta Tambah Jumlah Penumpang Mudik Gratis ke Pemprov Jatim

Minggu, 02 April 2023 – 17:44 WIB
Perusahaan Pelayaran Minta Tambah Jumlah Penumpang Mudik Gratis ke Pemprov Jatim - JPNN.com Jatim
Penumpang KMP Dharma Kartika asal Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, tiba di Pelabuhan Jangkar Situbondo. Sabtu (25/3/2023). ANTARA/Novi Husdinariyanto

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Perusahaan pelayaran mengajukan dispensasi penambahan jumlah penumpang kapal motor penyeberangan yang bakal dipakai Pemprov Jawa Timur menjadi angkutan mudik dan balik gratis Hari Raya Idul Fitri 2023.

Dispensasi itu disampaikan oleh manajemen PT Dharma Dwipa Utama (DDU) yang diwakili oleh manajer setempat, Maman Surachman, Minggu (2/4).

Dia menyebutkan kapasitas KMP Wicitra Dharma I sesuai sertifikat, yakni 188 penumpang, sehingga perlu pengajuan dispensasi penambahan menjadi 250 penumpang untuk angkutan mudik dan balik gratis Lebaran 2023.

"Kami sudah mengajukan dispensasi penambahan jumlah penumpang kapal feri dari kapasitas sesuai sertifikat ke Balai Pengelola Transportasi Daerah (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur," katanya

Dia menjelaskan penambahan jumlah penumpang untuk angkutan mudik dan balik gratis itu dilakukan karena KMP Wicitra Dharma I nantinya hanya mengangkut 250 orang penumpang dan 150 unit sepeda motor.

"Jadi, pengajuan dispensasi penambahan jumlah penumpang itu masih wajar karena kapal feri kami tidak mengangkut kendaraan roda empat (mobil, truk), tetapi hanya penumpang dan sepeda motor," ujar Maman.

Mengenai alat keselamatan seperti baju pelampung (life jacket), itu tersedia lebih dari kapasitas penumpang, yakni sekitar 300 baju pelampung.

Pelabuhan Jangkar Situbondo mulai membuka pendaftaran mudik dan balik gratis secara daring (dalam jaringan) pada 4 April 2023 melalui laman http://sipentol.dishub.jatimprov.go.id/.

Mudik dan balik gratis warga Pulau Raas, Sumenep, dengan menggunakan kapal motor penyeberangan (KMP) yang berangkat dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News