Mahasiswa UB Malang Keracunan Massal Saat KKM, Jumlahnya Mencengangkan

Rabu, 08 Februari 2023 – 11:48 WIB
Mahasiswa UB Malang Keracunan Massal Saat KKM, Jumlahnya Mencengangkan - JPNN.com Jatim
Foto arsip. Universitas Brawijaya di Kota Malang, Jawa Timur. (ANTARA/Vicki Febrianto)

jatim.jpnn.com, MALANG - Ratusan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya keracunan makanan saat melaksanakan kegiatan kerja mahasiswa (KKM) di Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang drg Wijanto Wijoyo mengatakan yang keracunan sebanyak 510 orang mahasiswa dengan gejala diare dan mual.

“Ada sebanyak 510 mahasiswa yang mengalami keracunan makanan hasil konfirmasi Puskesmas Wagir dengan gejala mual, muntah, dan pusing,” kata Wijanto, Selasa (7/2).

Adapun delapan orang di antaranya harus menjalani perawatan di puskesmas. Kemudian lima orang dipulangkan karena kondisi sudah membaik.

Mahasiswa yang sempat menjalani perawatan di Puskesmas Wagir mendapatkan perawatan intensif dan berikan cairan infus. Tim dari puskesmas tersebut juga sudah dikirim ke lokasi kejadian mengambil sampel sisa makanan atau minuman.

“Kami sudah menurunkan tim penyelidikan epidemiologi ke lokasi untuk mencari dan mengambil sampel sisa makanan atau minuman, termasuk melihat kondisi pasien lain,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan para saksi, para mahasiswa mendapatkan jatah makanan pada Senin (6/2) dengan menu nasi putih dan capcay.

Menu makanan itu dibagikan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Teknik UB Malang yang mengikuti KKM yang dimasak masyarakat setempat.

Sebanyak 510 mahasiswa UB Malang keracunan makanan saat melakukan KKM di Kecamatan Wagir.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News