Semarakkan Harlah 1 Abad NU, Institusi & Komunitas Tampilkan Beragam Inovasi Terbaik

Selasa, 07 Februari 2023 – 19:39 WIB
Semarakkan Harlah 1 Abad NU, Institusi & Komunitas Tampilkan Beragam Inovasi Terbaik - JPNN.com Jatim
Salah satu pengunjung melihat alat pengolahan minyak goreng yang dibuat oleh ITS. Foto: Dok Nurvan For JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sejumlah institusi dan komunitas teknologi juga mengambil peran dalam memeriahkan Harlah 1 Abad NU yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2).

Mereka di antaranya ialah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), komunitas Technoe Institute, Science Techno Pro, ISNU Surabaya, dan PMII Sepuluh Nopember.

Mereka memamerkan banyak inovasi, seperti robot, produk pengolahan minyak goreng, Jember Nusantara, SPBKLU Motor Listrik, dan gim Dimadura berbasis AR.

Koordinator lapangan, Nurvan Indra Praja mengungkapkan tujuan ITS untuk memamerkan inovasi itu membuktikan bahwa NU memiliki kader yang mumpuni dalam menciptakan inovasi yang berteknologi.

Contohnya, gim Dimadura, yakni game reality yang menampilkan nuansa Madura yang bertujuan meningkatkan daya dukung wisata di Pulau Madura.

“Melalui gim tersebut, pengguna dapat mempelajari sejarah dan lokasi objek wisata di Madura serta menarik wisatawan menggunakan teknologi model target augmented reality,” kata Nurvan.

Kemudian, lanjut Nurvan, ada SPBKLU Motor Listrik, yaitu inovasi tentang stasiun pengisian kendaraan listrik umum dengan cara mengganti baterai kendaraan listrik yang sudah habis dengan yang sudah terisi.

Dengan begitu, pengguna kendaraan listrik dapat langsung menggunakan kendaraannya tanpa harus menunggu proses pengisian baterai.

Sejumlah institusi dan komunitas teknologi pamerkan inovasi saat Harlah 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo. Simak selengkapnya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News