Mengenal Jamur Cordyceps dalam Serial The Last Of Us, Begini Faktanya

Senin, 06 Februari 2023 – 10:05 WIB
Mengenal Jamur Cordyceps dalam Serial The Last Of Us, Begini Faktanya - JPNN.com Jatim
Jamur Cordyceps (REUTERS)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jamur Cordyceps sempat viral di media sosial setelah kemunculannya pada serial The Last Of Us. Dalam serial tersebut diceritakan bahwa infeksi dari cordyceps membuat manusia menjadi zombie.

Pakar Secondary Metabolites Engineering Ubaya Johan Sukweenadhi mengatakan jamur Cordyceps punya manfaat bagi kesehatan dan potensinya sebagai sumber daya pangan fungsional.

Menurutnya, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa jamur tersebut berbahaya bagi manusia sehingga tidak sesuai dengan gambaran yang ada dalam serial tersebut.

"Kebanyakan infeksi jamur terjadi tanpa kita sadari melalui spora di udara atau hifa jamur yang mengontaminasi bahan pangan. Akan tetapi, kebanyakan infeksi tidak fatal karena ada sistem imun yang mengatasinya," jelas Johan.

Mengenal Jamur Cordyceps dalam Serial The Last Of Us, Begini Faktanya

Pakar Secondary Metabolites Engineering sekaligus Dosen Fakultas Teknobiologi Ubaya Johan Sukweenadhi. Foto: Humas Ubaya.

Justru, lanjut dia, jamur Cordyceps punya potensi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

"Di Cina, Korea, dan sekitarnya, Cordyceps sering dipakai menjadi alternatif obat tradisional. Ada senyawa metabolit seperti adenosine dan cordycepin yang bisa membunuh sel kanker dan berfungsi sebagai antilelah dan antiinflamasi," tuturnya.

Pakar Secondary Metabolites Engineering Ubaya Johan Sukweenadhi menjelaskan manfaat dan fakta jamur Cordyceps.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News