Wacana Surabaya Night Zoo KBS Tak Direstui DPRD, Ini Alasannya

Jumat, 03 Februari 2023 – 14:09 WIB
Wacana Surabaya Night Zoo KBS Tak Direstui DPRD, Ini Alasannya - JPNN.com Jatim
Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya Anas Karno. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Komisi B DPRD Kota Surabaya keberatan dengan rencana PDTS Kebun Binatang Surabaya (KBS), yakni membuka wahana Surabaya Night Zoo.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Surabaya Anas Karno khawatir wahana itu bakal mengganggu kelangsungan hidup satwa yang saat ini menjadi koleksi KBS.

"Saya menyesalkan dengan rencana Surabaya Night Zoo yang jalurnya melewati kandang harimau. Ini jelas akan sangat berpengaruh dengan waktu istirahat satwa," tutur Anas, Kamis (2/2).

Politikus PDIP tersebut juga mengingatkan fungsi lain KBS bukan cuma kebun binatang ikon Kota Surabaya, melainkan juga menjadi hutan kota yang berfungsi sebagai paru-paru kota.

"Kebijakan PDTS KBS sudah mengabaikan nasib satwa. Jadi, hanya untuk menambah penghasilan. Apakah rencana itu sudah dikaji secara mendalam? Bagaimana dampaknya terhadap satwa secara jangka panjang nantinya?" ujarnya.

Dia mengingatkan agar jangan sampai kemudian hanya ingin mendapatkan tambahan pemasukan, tetapi mengabaikan kelangsungan hidup satwa.

"Apalagi jumlah pengunjung dan jam operasional Surabaya Night Zoo akan dibatasi. Kalau untuk mendapatkan tambahan pendapatan (semata), itu tidak akan maksimal," ucap Anas. (mcr23/jpnn)

DPRD Kota Surabaya tak menyetujui rencana KBS untuk membuka Surabaya Night Zoo. Ada beberapa hal yang menjadi faktornya.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News