Pentingnya Peran IT Governance dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi 

Kamis, 02 Februari 2023 – 20:22 WIB
Pentingnya Peran IT Governance dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi  - JPNN.com Jatim
Dosen Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi Untag Surabaya Agus Hermanto. Foto: Dok. Untag Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Istilah IT Governance yang diterjemahkan menjadi tata kelola teknologi informasi muncul sekitar tahun 1990-an sebagai bagian dari Corporate Governance. 

Hal ini muncul disebabkan dampak meluasnya penggunaan komputer desktop di tahun 1990-an. Istilah tersebut belum terlalu popular di kalangan industri Indonesia kala itu. 

Namun, pemerintah mulai menggunakan istilah yang lebih mirip, yaitu e-government, dimulai dari BinaGraha.net yang difungsikan untuk saluran komunikasi antara antar Lembaga negara di pemerintah pusat. 

Perkembangan teknologi informasi pada sisi infrastruktur dan perangkat keras dengan sangat pesat diiringi tumbuhnya berbagai perangkat lunak. Pembuatannya yang sesuai kebutuhan instan saat itu, lambat laun menimbulkan dampak yang berbanding terbalik terhadap kinerja organisasi.

Pola yang terbentuk adalah pembelanjaan modal berupa investasi perangkat teknologi informasi. Namun, pada akhirnya tidak berhasil mendorong kinerja ataupun solusi atas masalah yang dihadapi organisasi. 

Permasalahan yang sering dihadapi dari pengembangan sistem dan teknologi informasi tanpa tata kelola, yaitu tumbuhnya pulau-pulau aplikasi yang memiliki spesifikasi berbeda dengan tujuan fungsional yang minimal. 

Pulau-pulau aplikasi tersebut belum menjawab kebutuhan interkoneksitas dan integrasi data yang seringkali dibutuhkan untuk pengambilan keputusan di tingkat eksekutif.

Masifnya permasalahan itu membuat para  eksekutif, baik di organisasi pemerintah maupun swasta menyadari perlunya perencanaan terpadu dalam mengembangkan teknologi informasi agar tidak bersifat sporadis dan instan. 

Dosen Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi Untag Surabaya Agus Hermanto menyampaikan peran IT Governance dalam pemanfaatan teknologi informasi.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News