Polisi Identifikasi 37 Akun Media Sosial Gangster di Surabaya

Rabu, 07 Desember 2022 – 13:52 WIB
Polisi Identifikasi 37 Akun Media Sosial Gangster di Surabaya - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama tim gabungan pemkot, TNI/Polri, ormas dan warga berhasil mengamankan 12 remaja bawa sajam dalam operasi gangster di Kota Pahlawan, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022) dini hari. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Akun yang diduga milik para gangster di Surabaya teridentifikasi oleh aparat kepolisian. Dari hasil patroli siber Polrestabes Surabaya terdapat 37 akun media sosial.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan mengatakan puluhan akun media sosial itu diduga menjadi ruang komunikasi para gangster.

“Kami sudah mengidentifikasi 37 akun yang kerap memposting aksi gangster dan menjadi ruang komunikasi para member (follower),” kata Yusep, Selasa (6/12).

Pihaknya juga sedang meneliti member atau follower di 37 akun medsos kelompok gangster tersebut. Beberapa di antaranya menggunakan akun anonim dan borderless.

“Yang bersifat anonim belum tentu nama yang disebut adalah orangnya dan keberadaannya juga belum diketahui,” ujarnya.

Pihaknya masih terus melakukan patroli siber dengan mentracing akun-akun yang diduga digunakan sebagai ruang komunikasi gangster dengan berkoordinasi dengan beberapa provider dan Subdit Ditreskrimsus Polda Jatim.

“Kami juga melakukan saintifik investigasi untuk mengetahui face recognition tentang muka dan sebagainya,” jelasnya.

Yusep juga menginstruksikan kepada Sat Lantas Polrestabes Surabaya untuk mengidentifikasi nomor kendaraan para gangster yang beredar dalam konten-konten meresahkan.

Sebanyak 37 akun media sosial diduga menjadi sarana berkomunikasi para gangster di Surabaya teridentifikasi kepolisian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News