Selama 2022, HIV/AIDS di Kota Madiun Ditemukan 117 Kasus, Tetapi

Sabtu, 03 Desember 2022 – 16:00 WIB
Selama 2022, HIV/AIDS di Kota Madiun Ditemukan 117 Kasus, Tetapi - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Cegah HIV/AIDS. (ANTARA/Antaranews)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Kasus baru penderita HIV/AIDS di Kota Madiun sebesar 117 orang berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) selama 2022.

Kepala Dinkes PPKB Kota Madiun dr Denik Wuryani mengatakan jumlah kasus tersebut tidak semuanya berasal dari wilayahnya.

"Dari temuan 117 kasus baru HIV/AIDS tersebut, tidak semuanya berasal dari Kota Madiun. Ada juga yang dari luar daerah," ujar dr Denik, Kamis (1/12).

Saat ini, pihaknya sedang menangani 300 orang dengan HIV/AIDS (ODHA)

"Kami tidak membeda-bedakan pasien dari Kota Madiun atau dari luar daerah. Semua mendapatkan penanganan dan pengobatan yang sama," katanya.

Untuk menekan kasus penularan, pihaknya sedang gencar melaksanakan pencegahan dengan rutin melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terlebih mereka yang berisiko tinggi.

Selain itu, sosialisasi juga menyasar para remaja di Kota Madiun agar saling mencegah penularan serta tak terjerumus kepada kegiatan negatif yang mengarah terhadap penularan penyakit tersebut.

Wali Kota Maidi meminta seluruh pihak agar menjadikan momentum peringatan Hari AIDS Sedunia untuk meningkatkan perhatian, pencegahan, dan penanganan HIV/AIDS dengan lebih baik di Kota Madiun.

Sebanyak 117 kasus HIV/AIDS ditemukan selama tahun 2022 di Kota Madiun. Akan tetapi, bukan berasal dari wilayah tersebut secara keseluruhan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News