KPAI Sinyalir Dampak Kejiwaan Berat Anak-Anak yang Terlibat Tragedi Kanjuruhan

Minggu, 02 Oktober 2022 – 12:42 WIB
KPAI Sinyalir Dampak Kejiwaan Berat Anak-Anak yang Terlibat Tragedi Kanjuruhan - JPNN.com Jatim
Sejumlah penonton membawa rekannya yang pingsan akibat sesak napas di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10).Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto/pras

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyoroti tragedi Kanjuruhan yang menewaskan setidaknya 127 suporter Aremania.

Kadivwasmonev KPAI Jasra Putra mengutarakan pihaknya mendapati dari video maupun foto yang memperlihatkan banyaknya anak-anak yang ikut diajak menyaksikan pertandingan yang berujung rusuh itu.

Menurutnya, anak-anak itu terpapar dan menyaksikan aksi pemukulan, kekerasan, teriakan teriakan, hingga perihnya asap gas air mata dalam tragedi tersebut.

"Tentunya pascakejadian, akan membawa dampak kejiwaan yang berat bagi anak, apalagi bila disertai peristiwa terpisah dengan orang tua, kehilangan orang tua atau saudaranya," katanya melalui siaran persnya, Minggu (2/9).

KPAI pun berharap semua fokus pada pelayanan korban yang maksimal, baik yang masih hidup maupun telah meninggal.

Jasra mengharapkan lembaga layanan bisa jemput bola menolong situasi anak dan keluarga yang masih perawatan dalam perawatan.

"Agar segera bisa di dampingi dan direspons baik dalam rangka mengurangi hal yang lebih buruk dihadapi anak," tuturnya.

Di sisi lain, lanjut dia, panpel laga Arema FC dapat memberikan data kepada para petugas yang merespons situasi darurat di sana.

KPAI mengharapkan lembaga layanan bisa jemput bola menolong situasi anak dan keluarga terdampak tragedi Kanjuruhan yang masih perawatan dalam perawatan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News