Ratusan Dusun di Pamekasan Kekeringan, Kondisinya Kritis Hingga Langka

Senin, 26 September 2022 – 12:37 WIB
Ratusan Dusun di Pamekasan Kekeringan, Kondisinya Kritis Hingga Langka - JPNN.com Jatim
Bupati Pamekasan Badrut Tamam meluncurkan program bantuan mendistribusikan air bersih dalam program 'Besti Berdering' atau Bersama Bupati Bereskan Desa Kering di Desa Jarin, Kecamatan Pademawu, Sabtu (24/9/2022). ANTARA/Abd. Aziz

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Kekeringan melanda 332 dusun di Kabupaten Pamekasan pada musim kemarau kali ini.

Kepala BPBD Pamekasan Amin Jabir mengatakan ratusan dusun yang mengalami kekeringan itu tersebar di 72 desa, sembilan kecamatan

“Kami telah menggerakkan tim untuk menangani kekeringan di Pamekasan pada kemarau kali ini dan meluncurkan program khusus bernama Besti Berdering atau Bersama Bupati Bereskan Desa Kering,” ujarnya.

Kekeringan di Pamekasan ada dua kategori, yakni kondisi kritis dan langka. Kekeringan kritis terjadi akibat pemenuhan air di dusun mencapai sepuluh liter lebih per orang setiap harinya.

Jarak yang ditempuh masyarakat untuk mendapatkan ketersediaan air bersih sejauh tiga kilometer, sedangkan kekeringan langka kebutuhan air di dusun di bawah sepuluh liter per orang setiap harinya. 

Jarak tempuh dari rumah warga ke sumber mata air terdekat sekitar 0,5 kilometer hingga tiga kilometer

"Per hari ini, pendistribusian bantuan air bersih ke 322 dusun di 72 desa yang tersebar di sembilan kecamatan kami lakukan," katanya.

Tahun ini jumlah dusun kekeringan pada kemarau lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Amir memerinci pada tahun 2021 kekeringan terjadi di 311 dusun, tetapi tahun 2022 kekeringan berkurang.

Sebanyak 332 dusun di Kabupaten Pamekasan mengalami kekeringan. Rinciannya di 72 desa tersebar di sembilan kecamatan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News