Gudang Penyimpanan Ikan di Sendang Biru Mangkrak, Nelayan Beber Alasannya, Oh Ternyata

Sabtu, 25 Juni 2022 – 16:35 WIB
Gudang Penyimpanan Ikan di Sendang Biru Mangkrak, Nelayan Beber Alasannya, Oh Ternyata - JPNN.com Jatim
Cold Storage di Pelabuhan Pondok Dadap Sendang Biru mangkrak tidak terpakai sejak 2018 lalu. Foto: Dok Pri Lanang for JPNN.com

jatim.jpnn.com, SENDANG BIRU - Gudang pembekuan terintegrasi (integrated cold storage) yang berlokasi di dekat tempat pelelangan ikan (TPI) Pondok Dadap Sendang Biru, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang bertahun-tahun mangkrak dan tidak difungsikan selayaknya.

Seharusnya, gudang beku tempat penyimpanan ikan tersebut dimanfaatkan oleh nelayan untuk menjaga ikan tangkapan mereka tetap segar.

Rupanya ada faktor yang membuat gudang pembekuan tersebut tidak difungsikan sebagaimana mestinya, yaitu karena mahalnya biaya operasional yang tak bisa dibayar paguyuban atau perusahaan.

Seorang nelayan bernama Budi Ismayanto mengatakan tidak pernah menggunakan gudang tersebut. Dia mengaku belum ada jaminan kalau ikannya disimpan di sana tetap bagus dan biayanya juga mahal.

"Nelayan lebih memilih langsung distribusi. Tidak ada yang menjamin hasilnya bagus dan tidak mau rugi, biaya operasional juga pasti besar," kata Budi.

Budi mendapatkan informasi kalau penggunaan cold storage tersebut sangat tinggi. Biayanya bisa mencapai Rp 100 juta per bulannya.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim mendapat bantuan pembangunan gudang beku terintegrasi dari Kementerian dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan pada 2017.

Namun, dalam proses serah terimanya dilakukan pada 2018. Pengelolaannya langsung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim. Kapasitas gudang penyimpanan tersebut mencapai 100 ton.

Gudang penyimpanan ikan di Pondok Dadap Sendang Biru tidak berfungsi dengan baik alias mangkrak, nelayan tidak kuat dengan biayanya yang mahal.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News