Tahun Depan, Calon Jemaah Haji Umur 65 Tahun Lebih Bisa Berangkat ke Tanah Suci

Rabu, 25 Mei 2022 – 23:37 WIB
Tahun Depan, Calon Jemaah Haji Umur 65 Tahun Lebih Bisa Berangkat ke Tanah Suci - JPNN.com Jatim
Pelaksanaan manasik haji. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim Husnul Maram mengatakan berdasarkan aturan jemaah haji yang berangkat pada 2022 harus di bawah umur 65 tahun.

Maka dari itu, untuk calon jemaah haji yang berusia di atas 65 tahun yang tertunda, akan diberangkatkan pada tahun depan.

“Tahun depan akan berangkat semua karena menurut informasi Menteri Haji Saudi Arabia kalau pandemi Covid-19 makin hari, makin hilang dan menjadi endemi akan kembali lagi semula, yaitu tidak ada batasan umur,” kata Husnul, Rabu (25/5).

Maka dari itu, dia berharap calon jemaah haji yang tertunda itu tidak mengambil uangnya agar tahun depan bisa berangkat.

Di sisi lain, sebanyak 16.048 jemaah haji asal Jatim siap berangkat ke Tanah Suci. Jumlah tersebut dibagi menjadi 36 kloter.

“Jadi, satu hari, satu kloter yang berangkat. Nantinya juga, ada tambahan satu kloter jemaah asal NTT dan Bali,” katanya.

Untuk keberangkatan, Husnul mengatakan jemaah berangkat dari Bandara Juanda langsung ke Saudi Arabia.

“Penerbangan langsung dari Juanda ke Arab Saudi juga tidak lepas dari peran Bu Gubernur Jatim Khofifah yang meminta Menteri Perhubungan untuk membuka kembali layanan penerbangan internasional di Bandara Juanda,” ucap Husnul. (mcr23/jpnn)

Jangan khawatir, calon jemaah haji (CJH) umur 65 tahun ke atas akan diberangkatkan tahun depan

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News