Siswi SMP di Surabaya Kenalkan Manfaat Daun Ungu, Khasiatnya Mantap

Senin, 23 Mei 2022 – 17:59 WIB
Siswi SMP di Surabaya Kenalkan Manfaat Daun Ungu, Khasiatnya Mantap - JPNN.com Jatim
Siswa SMPN 3 Surabaya mengolah daun ungu yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Foto: Dok. Andy untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Daun ungu rupanya bisa diolah menjadi makanan. Tanaman yang kerap digunakan sebagai hiasan rumah itu ternyata mengandung banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Mengetahui tanaman tersebut punya banyak manfaat membuat Kayla Zahra Mecca mengolahnya menjadi campuran puding, kue, dan teh daun ungu.

Kayla pun memamerkannya dalam ajang pemilihan Pangeran dan Puteri Lingkungan Hidup 2022 Dinas Pendidikan Kota Surabaya di sekolahnya SMPN 3.

Siswi kelas tujuh tersebut tak hanya mengolah saja, tetapi memanen hingga melakukan pembibitan ulang dengan metode stek.

"Untuk pemilihan ini saya memilih pembibitan tanaman hingga memproses dan mengolahnya menjadi makanan," ujar Kayla, Senin (23/5).

Kayla menyebut kandungan dari daun ungu bisa mengobati wasir, rematik, demam, pembekakan, sembelit, hingga menurunkan kadar kolesterol serta diabetes.

Kandungan itu berupa tanin, alkaloid, steroid, saponin dan flavonoid.

"Banyak orang yang belum tahu kandungan dan manfaatnya. Jadi, ini kesempatan saya untuk menyosialisasikan dan mengedukasi tentang daun ungu," kata dia.

Siswi SMPN 3 Surabaya, Kayla Zahra Mecca memperkenalkan daun ungu yang memiliki banyakkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News