Begini Kata Pakar Epidemiologi Soal Pelonggaran Pemakaian Masker

Kamis, 19 Mei 2022 – 21:10 WIB
Begini Kata Pakar Epidemiologi Soal Pelonggaran Pemakaian Masker - JPNN.com Jatim
Pakar Epidemologi Unair Dr. Windhu Purnomo. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Presiden Jokowi telah menetapkan aturan pelonggaran penggunaan masker di luar ruangan.

Pakar epidemiologi Unair Dr Windhu Purnomo pun menilai aturan pelonggaran masker itu menunjukan bahwasanya kondisi Covid-19 di Indonesia sudah bisa dikendalikan.

“Kalau secara epidemiologi, kondisi Covid-19 di Indonesia membaik dibandingkan dengan periode yang sama sebelumnya,” kata Dr Windhu, Kamis (19/5)

Dia mengutarakan biasanya jika ada event besar, seperti libur lebaran, selalu ada kenaikan kasus Covid-19. Akan tetapi, pada 2022 ini, tidak ada kenaikan kasus yang signifikan setelah libur lebaran.

“Berdasarkan data kasus di Indonesia, saat lebaran angka positif mencapai 0,47 persen. Itu jauh di bawah batasan WHO,” kata Dr Windhu.

Kasus Covid-19 setelah lebaran bahkan hanya mencapai 0,23 persen.

“Saya sendiri memprediksi sampai awal Juni makin turun. Saya tidak khawatir ada lonjakan kasus asal tidak ada varian baru,” katanya.

Dia menjelaskan kenaikan kasus Covid-19 disebabkan adanya kombinasi varian baru dengan mobilitas.

Masyarakat harus bisa memanfaatkan aturan pelonggaran masker di luar agar tidak ada lonjakan kasus Covid-19 yang signifikan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News