Berikut Pentingnya Orang Tua Memberikan Reward Pada Anak Menurut Psikolog

Senin, 29 November 2021 – 09:46 WIB
Berikut Pentingnya Orang Tua Memberikan Reward Pada Anak Menurut Psikolog - JPNN.com Jatim
Psikolog anak Elisabeth Santoso, M.Psi (kiri) saat menjadi pembicara dalam acara talkshow parentips. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com).

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Psikolog anak, Elisabeth Santoso mengingatkan kepada para orang tua untuk memberikan reward pada anak ketika mereka melakukan suatu pencapaian sekecil apapun itu.

“Bentuknya, enggak harus berupa mainan atau hadiah barang,” ujarnya.

Para orang tua, lanjut dia, bisa memberikan reward dalam bentuk pujian kepada anak. Hal itu dilakukan untuk membuat diri mereka merasa disayangi dan bangga.

Dengan begitu, anak-anak akan lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik.

Elisabeth pun merekomendasikan waktu yang tepat untuk memberikan pujian kepada anak, yakni ketika mereka ingin beranjak tidur.

“Gunakan lima jari untuk memberikan pujian-pujian kepada anak! Contohnya, ‘hari ini kamu pintar melakukan ini dan itu’. Cara tersebut bisa dilakukan setiap hari,” katanya.

Selain barang dan pujian, kata Elizabeth, orang tua juga bisa memberikan reward, berupa waktu bermain kepada anak-anak. (mcr23/jpnn)

Memberikan pujian pada anak juga salah satu bentuk reward.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News