Ekstrak Tembakau Diklaim Mampu Membunuh Larva Nyamuk DBD

Minggu, 28 November 2021 – 17:22 WIB
Ekstrak Tembakau Diklaim Mampu Membunuh Larva Nyamuk DBD - JPNN.com Jatim
Ilustrasi tembakau. Antara Jatim/Budi Candra Setya/zk

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tembakau sering kali diidentikan sebagai bahan baku rokok, padahal kegunaannya lebih dari itu. Salah satunya, di dalam mencegah penyakit demam berdarah.

Hal itu diungkapkan oleh dosen dan peneliti Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Vella Rohmayani dalam sebuah talkshow virtual, Sabtu (27/11).

Dia mengeklaim tembakau dapat diolah menjadi larvasida yang sangat efektif mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Penggunaan dosis rendah dari ekstrak tembakau mampu mematikan larva nyamuk Aedes sp yang merupakan vektor (hewan penular) penyakit demam berdarah," kata Vella.

Vella mengungkapkan bahwa prevalensi kasus DBD di Pulau Jawa kini masih sangat tinggi.

Sementara, pengendaliannya masih mengandalkan larvasida sintesis yang memiliki efek buruk bagi kesehatan manusia, lingkungan, serta dapat menyebabkan resistensi.

Lantaran itulah, dia menilai lebih baik dengan menggunakan larvasida alami dari ekstrak tembakau karena dinilai jauh lebih aman dan ramah lingkungan, serta sangat efektif membunuh larva nyamuk.

"Larvasida dari tembakau terbukti bisa menggantikan bahan dari sintesis atau abate," tutur dia.

Peneliti UMSurabaya, Vella Rohmayani membeberkan manfaat penggunaan ekstraksi tembakau guna mencegah DBD.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News