Chevy Nilai Pemkot Kediri Perlu Segera Mengkaji Rencana Induk Ekonomi Kreatif

Rabu, 27 Oktober 2021 – 13:59 WIB
Chevy Nilai Pemkot Kediri Perlu Segera Mengkaji Rencana Induk Ekonomi Kreatif - JPNN.com Jatim
Rapat pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Kediri, Jawa Timur. ANTARA Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Pemkot Kediri menggodok rencana induk ekonomi kreatif dalam rangka memaksimalkan potensi di daerah setempat menyusul sumber daya alam (SDA) yang jumlahnya sedikit, terutama di tengah masa pandemi COVID-19.

"Jadi, kami harus benar-benar mengoptimalkan peluang ekonomi kreatif ini," kata Kepala Barenlitbang Kota Kediri Chevy Ning Suyudi, Rabu (27/10).

Menurut dia, sektor ekonomi kreatif memiliki banyak potensi. Selain mampu menyerap tenaga kerja, dapat menciptakan identitas Kota Kediri sekaligus merupakan sumber daya yang bisa terus diperbaharui.

Chevy pun menekankan untuk memahami terlebih dahulu perbedaan antara ekonomi digital dan ekonomi kreatif.

"Dari beberapa diskusi yang saya lihat, memang perlu ada pemahaman antara ekonomi digital dan ekonomi kreatif," ujar dia.

Dengan begitu, jajaran di organisasi perangkat daerah (OPD) yang nanti memiliki program terkait dengan ekonomi kreatif sanggup berjalan dengan baik.

Chevy menyampaikan pula perlu adanya diskusi mengenai kajian rencana induk ekonomi kreatif.

Dari sana, dapat menyampaikan visi pemerintah daerah dan pelaku ekonomi kreatif dan menentukan tenggat secara terukur dalam bagaimana menggerakkan ekonomi di Kota Kediri, terlebih lagi di tengah masa pandemi COVID-19.

Kepala Barenlitbang Kota Kediri Chevy Ning Suyudi menilai pemkot perlu segera menyampaikan visi dengan pelaku ekonomi kreatfi.
Sumber Antara