Keren! Dosen Unusa Masuk Jajaran Peneliti Top Dunia

Selasa, 26 Oktober 2021 – 17:51 WIB
Keren! Dosen Unusa Masuk Jajaran Peneliti Top Dunia - JPNN.com Jatim
Dosen Unusa Achmad Syafiuddin S.Si., M.Phil., Ph.D yang masuk dalam daftar ilmuwan top dunia menurut Elsevier. (ANTARA Jatim/HO-Humas Unusa/WI)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bernama Achmad Syafiuddin S.Si., M.Phil., Ph.D masuk jajaran ilmuwan top dunia menurut Elsevier.

Sebagaimana diketahui, Eksevier merupakan penerbit tingkat dunia pengelola Scopus yang cukup terkenal. Scopus sendiri adalah salah satu data center atau database sitasi dan literasi jurnal ilmiah bereputasi yang sekarang menjadi salah satu rujukan Diktiristek.

"Hanya ada 58 ilmuwan Indonesia yang masuk daftar tersebut. Saya termasuk yang paling junior, karena yang masuk daftar disana adalah para ilmuwan senior dari beberapa kampus ternama di Indonesia," kata Syafiuddin di Surabaya, Selasa.

Menurut Syafiuddin, dirinya berada pada urutan ke-18 berdasarkan ranking all citation atau urutan ke-26 berdasarkan self-citation excluded.

Dosen Fakultas Kesehatan Unusa tersebut mengaku selalu fokus menerbitkan artikel di jurnal-jurnal internasional bereputasi.

Topik yang dia ulas adalah terkait kesehatan lingkungan, khususnya di bioremediasi polusi air.

"Saya meneliti tentang bioremediasi polusi air yang memfokuskan pada penggunaan bahan-bahan alami. Ini merupakan upaya mengurangi kandungan polusi di dalam air," jelasnya.

Salah satu jurnal doktor lulusan dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM) tersebut yang kini banyak disitasi adalah artikelnya yang dimuat di Journal of the Chinese Chemical Society, Wiley dengan link: https://onlinelibrary.wiley.com/journal/21926549?tabActivePane=undefined. (antara/mcr17/jpnn)

Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) bernama Achmad Syafiuddin S.Si., M.Phil., Ph.D masuk jajaran ilmuwan top dunia menurut Elsevier.
Sumber Antara