Begini Cara Nelayan Situbondo Agar Tak Hanya Bisa Melaut Satu Musim Saja

Selasa, 26 Oktober 2021 – 14:49 WIB
Begini Cara Nelayan Situbondo Agar Tak Hanya Bisa Melaut Satu Musim Saja - JPNN.com Jatim
Dinas Perikanan Probolinggo menggelar bimtek alat tangkap ramah lingkungan dan diverrsifikasi alat tangkap, Selasa (26/10/2021) (ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Probolinggo)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Nelayan di Kabupaten Probolinggo diajak untuk melakukan diversifikasi alat tangkap yang ramah lingkungan guna memaksimalkan hasil tangkapan ikan.

Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo pun menggelar bimbingan teknis (bimtek) guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan nelayan tentang diversifikasi alat tangkap dan pengoperasiannya selama dua hari pada 25-26 Oktober 2021.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Hari Pur Sulistiono menerangkan kebiasaan nelayan hanya menggunakan satu jenis alat tangkap saja untuk melaut.

"Akibatnya, mereka cuma bisa melaut satu musim saja sesuai dengan jenis alat tangkapnya," kata dia, Selasa (26/10).

Oleh karena itu, diperlukan penganekaragaman alat tangkap dengan modal yang tak terlalu besar dan mudah untuk digunakan nelayan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi menuturkan Selat Madura adalah areal penangkapan ikan dari 12 daerah kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Harapannya, kalau semua daerah itu dapat sama-sama menjaga dan melestarikan sumber daya laut dan ikan yang ada, tentu semua akan mendapatkan manfaatnya," ujar Dedy.

Dia pun menyampaikan masyarakat pesisir tidak harus selalu menjadi nelayan.

Nelayan di Kabupaten Probolinggo diajak untuk melakukan diversifikasi alat tangkap yang ramah lingkungan guna memaksimalkan hasil tangkapan ikan.
Sumber Antara