Warga Surabaya, Agar Tetap Nyaman Beraktivitas di Cuaca Panas, Ini 5 Tips dari BMKG

Selasa, 26 Oktober 2021 – 12:04 WIB
Warga Surabaya, Agar Tetap Nyaman Beraktivitas di Cuaca Panas, Ini 5 Tips dari BMKG - JPNN.com Jatim
Panas, seorang pria minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui keringat (ANTARA/HO - Joko Purnomo)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Cuaca di Kota Surabaya terasa lebih panas dari biasanya, apalagi saat siang hari. Suhu panas tersebut terutama terjadi pukul 11.00-15.00 WIB.

Menurut BMKG Klas I Juanda, peristiwa tersebut masih merupakan bagian dari fenomena kulminasi atau hari tanpa bayangan yang sempat terjadi beberapa waktu lalu.

"Wilayah Jawa Timur baru saja melewati fase kulminasi. Posisi matahari masih berada di sekitar garis ekuator. Karena itulah, wilayah Jatim dan sekitarnya masih mendapatkan surplus penyinaran matahari yang cukup intens," tulis BMKG Juanda di akun media sosial Instagram.

Selain itu, tulis BMKG, panas tersebut terjadi karena masih sedikitnya tutupan awan, sehingga suhu udara dirasakan sangat terik.

Untuk itu, BMKG memberikan beberapa kiat agar tetap nyaman berkativitas di cuaca panas. Berikut tipsnya seperti dilansir dari @infobmkgjuanda :

1. Jangan gunakan pakaian tebal

Hindari pakaian yang berbahan tebal. Sebaiknya gunakan baju yang berbahan tipis dan berwarna cerah.

2. Kurangi aktivitas di luar ruangan

Cuaca di Kota Surabaya terasa lebih panas dari biasanya, apalagi saat siang hari. Agar tetap nyaman beraktivitas di kondisi panas, berikut tips dari BMKG