Alhamdulillah, Cakupan Vaksinasi Pamekasan Bulan Ini Jadi 22 Persen

Minggu, 24 Oktober 2021 – 11:53 WIB
Alhamdulillah, Cakupan Vaksinasi Pamekasan Bulan Ini Jadi 22 Persen - JPNN.com Jatim
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam saat meluncurkan program vaksinasi massal di Pamekasan, guna memperluas cakupan vaksinasi di wilayah itu. (Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Cakupan vaksinasi COVID-19 di Pamekasan meningkat dua kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pamekasan dr. Nanang Suyanto menerangkan cakupan vaksinasi di kabupaten setempat makin membaik berkat peran aktif semua pihak dan lembaga pondok pesantren di wilayah itu.

"Alhamdulillah, persentase warga Pamekasan yang telah tervaksinasi makin banyak," kata Nanang, Minggu (24/10).

Dia mengungkapkan cakupan vaksinasi di Pamekasan saat ini mencapai 22 persen lebih dari total jumlah penduduk yang tersebar 13 kecamatan setempat.

Jumlah tersebut meningkat tajam dibanding sebulan lalu. Saat itu, capaian vaksinasi Pamekasan masih 11 persen lebih.

Menurut Nanang, rendahnya cakupan vaksinasi itu menempatkan Pamekasan termasuk kabupaten dengan jumlah cakupan vaksinasi terkecil di Jawa Timur bersama tiga kabupaten lain di Pulau Madura, yakni Sumenep, Sampang dan Bangkalan.

Pemkab pun melakukan berbagai upaya untuk mempercepat pemberian vaksin, di antaranya dengan mendirikan gerai vaksin di 27 titik lokasi yang tersebar di 13 kecamatan, melakukan razia vaksinasi kepada pengendara kendaraan bermotor, dan menggelar program vaksinasi dengan sistem jemput bola ke desa-desa.

"Selain vaksinasi, kami juga menekankan penegakan disiplin penerapan prokes," ujar dia.

Cakupan vaksinasi COVID-19 di Pamekasan meningkat dua kali lipat dibanding bulan sebelumnya.
Sumber Antara