Kemenperin Sebut IKM Gresik Jadi Percontohan Ekspor Produk Olahan Porang

Kamis, 21 Oktober 2021 – 02:20 WIB
Kemenperin Sebut IKM Gresik Jadi Percontohan Ekspor Produk Olahan Porang - JPNN.com Jatim
Pekerja menata tumpukan karung yang berisi tepung porang untuk diekspor di pabrik Industri Kecil Menengah PT Hayumi Agro Indonesia di Gresik, Jawa Timur, Rabu (20/10/2021). Kementerian Perindustrian telah menyiapkan berbagai fasilitas dan pendampingan bagi penghasil tanaman porang atau pun pelaku industri olahan porang di Jatim agar dapat menembus ekspor dan saat ini olahan porang tersebut telah diekspor ke sejumlah negara di Asia seperti China, Jepang, Malaysia dan Thailand. ANTARA FOTO/Zabur K

jatim.jpnn.com, GRESIK - Industri kecil menengah (IKM) Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, melakukan ekspor olahan porang pada Rabu (20/10).

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyebut itu sebagai percontohan ekspor produk jadi yang mempunyai nilai tinggi.

Ekspor IKM bernama PT Hayumi Agro di Desa Domas tersebut mencapai rata-rata 60 ton dalam bentuk tepung porang dengan tujuan China.

Ekspor itu merupakan kali pertama dilakukan untuk tingkat IKM dalam bentuk porang olahan.

Selain itu, selama enam bulan terakhir PT Hayumi Agro rata-rata mengekspor 50 ton produk chip dan tepung porang dengan tujuan China, Jepang, Vietnam, Taiwan dan Hong Kong.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita menjelaskan pihaknya terus mendorong agar pelaku IKM melakukan ekspor porang dalam bentuk olahan, sebab nilainya cukup tinggi.

"Kami terus mendukung pengembangan IKM khususnya olahan porang melalui pendampingan, peningkatan teknologi serta promosi melalui pameran, marketplace, link and match," jelasnya di Gresik, Rabu.

Sebelumnya, sebagaimana diketahui, porang menjadi prioritas ekspor pertanian Indonesia beberapa tahun belakangan. (antara/mcr17/jpnn)

Industri kecil menengah (IKM) Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, melakukan ekspor olahan porang pada Rabu (20/10). Kemenperin sebut itu sebagai contoh
Sumber Antara