Jadi Penyebab Rawan Banjir, Pintu Air di Pare Kediri Segera Diperbaiki

Selasa, 19 Oktober 2021 – 17:04 WIB
Jadi Penyebab Rawan Banjir, Pintu Air di Pare Kediri Segera Diperbaiki - JPNN.com Jatim
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kiri) meninjau lokasi pintu air di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. ANTARA/HO-Kominfo Kabupaten Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Dam atau pintu air di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri akan segera diperbaiki guna mencegah terjadinya banjir saat hujan deras.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyampaikan dirinya sudah meninjau secara langsung lokasi pintu air wilayah Pare.

Sesuai laporan masyarakat, di wilayah Sungai Desa Tertek, Kecamatan Pare, sering terjadi banjir yang disebabkan tak berfungsinya alat dam.

Akibatnya, saat debit air meningkat, sungai meluap di wilayah tersebut.

"Kalau musim hujan, biasanya air itu meluap dan masuk ke jalanan, bahkan dalam rumah warga," kata Mas Bup, sapaan akrab bupati, Selasa (19/10).

Dia menerangkan dari hasil dialog dengan warga di sekitar sungai itu, musim hujan tahun lalu terjadi banjir yang cukup besar.

Air dari Sungai Serinjing tersebut meluber hingga jalan raya sehingga lalu lintas kendaraan terkendala.

"Walaupun hanya satu jam surut, kami memiliki komitmen untuk memperbaikinya, insyaallah Maret 2022 sudah diperbaiki," ujar dia.

Dam atau pintu air di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri akan segera diperbaiki guna mencegah terjadinya banjir saat hujan deras.
Sumber Antara